Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu Tengah

 KATA PENGANTAR

Selamat datang di daerah Bengkulu Tengah, wilayah yang penuh dengan keindahan alam dan sejarah yang kaya. Dalam panduan ini, kami akan memperkenalkan Anda pada berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi di wilayah ini. Mulai dari pantai yang indah, gunung yang menawan, hingga bangunan bersejarah, Bengkulu Tengah memiliki banyak hal untuk dikunjungi dan dinikmati. Semoga panduan ini membantu Anda dalam membuat perencanaan perjalanan yang menyenangkan dan membahagiakan. Ayo mulai petualangan Anda di Bengkulu Tengah!

TEMPAT WISATA YANG SERING DIKUNJUNGI

1. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci
Image Credit: Buayajalan.com

Meski disebut dengan pantai, namun pantai ini bukan pantai sebenarnya karena areanya hanya berupa tebing batu dan hamparan air yang luas saja. Tidak ada pasir putih atau bibir pantai yang landai layaknya sebuah pantai pada umumnya.

Inilah salah satu daya tarik Pantai Sungai Suci karena berbeda dari pantai pada umumnya. Jaraknya hanya sekitar 20 km saja dari kota Bengkulu, tentu dapat ditemph hanya dalam 45 menit saja dengan kecepatan standar.

Lokasi: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

2. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah
Image Credit: Caribengkulu.com

Panorama yang ada di pantai ini juga berbeda dari pantai lain karena memiliki tepi pantai yang indah. Anda tidak akan menemukan pasir putih yang melimpah, namun hanya sebuah tebing padas yang akan nampak merah jika terkena sinar matahari. Terutama saat senja datang, pemandangannya menjadi sangat indah dan cantik. Biasanya, pasangan yang akan menikah akan melakukan prosesi pemotretan di area pantai ini karena memiliki view yang indah.

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

3. Danau Gedang

Ada sebuah tradisi unik di danau ini yakni membelah danau. Karena letak danau yang berdekatan dengan pantai, maka tradisi membelah danau ini sering dilakukan. Cara membelah danau ini hanya mengalirkan air danau ke laut untuk mengurangi isi danau. Ketika air sudah surut maka penduduk dapat memanen ikan yang ada di danau dengan cara lebih mudah. Tidak heran jika usai acara belah danau akan banyak pengunjung yang memborong hasil panen karena lebih murah.

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

4. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit: Merahputih.com

Ada lagi sebuah danau dengan air yang terlihat sangat biru karena pantulan cahaya langit. Sebenarnya danau ini merupakan buatan manusia karena berupa hasil galian tambang. Setelah lama tidak digunakan sebagai lahan tambang, tempat ini ditinggalkan begitu saja. Kemudian setelah lama musim berlalu menjadi sebuah danau yang indah dan menyejukkan. Banyak tumbuhan hijau yang ada di sekitar danau, tentu akan lebih menyenangkan jika datang ke danau ini sambil menaiki perahu dayung.

Lokasi: Wilayah Kosong, Kec. Wilayah Kosong, Kab. Bengkulu Tengah.

5. Gunung Bungkuk

Gunung Bungkuk
Image Credit: Thebeautifulofnature.blogspot.com

Rute ke gunung ini memiliki dua pilhan, satu berupa rute yang mudah dan banyak tumbuhan hijau. Satunya lagi berupa jalan penuh batu dan terjal. Bagi yang suka dengan pendakian maka akan memilih trekking yang sulit agar lebih menantang. Sedangkan untuk yang tidak suka mendaki biasanya akan memilih jalur yang mudah agar tidak terlalu capek.

Tidak terbiasa dengan jalur pendakian memang akan mebuat tumbuh merasa lemas dan letih. Semua yang dapat mendaki Gunung Bungkuk ini tetap hebat karena memiliki tinggi 1.162 mdpl. Tentu bukan sebuah angka yang mudah meski bagi seorang pemula sekalipun.

Lokasi: Desa Komering, Kec. Merigi Sakti Kab. Bengkulu Tengah.

6. Air Terjun Embun

Image Credit: Trepelin.com
Image Credit: Trepelin.com

Panorama yang ada di air terjun ini sangat indah dan memukau. Biasanya, para pengunjung lebih suka mandi di bawah air terjun sambil bermain air bersama kawanan kelompok. Untuk masuk ke area air terjun butuh perjuangan karena cukup sulit dan menantang. Jalan setapak yang dilalui juga cukup sempit sehingga Anda harus selalu waspada agar tetap aman.

Lokasi: Desa Penembang, Kec. Merigi, Kelindang Kab. Bengkulu Tengah.

7. Taman Liku Sembilan

Taman Liku Sembilan
Image Credit: Rmolbengkulu.com

Sebenarnya Taman Liku Sembilan ini merupakan salah satu wilayah yang ada di Cagar Alam Hutan Lindung Taba Penanjung. Di taman ini Anda dapat melihat 9 mata air yang menjadi sumber pengairan flora dan fauna yang ada di hutan ini. Terutama untuk flora Raflesia Arnoldi. Flora yang satu ini memang cukup unik dan menarik, tidak hanya ukuran dan bentuknya saja namun juga aroma yang dikeluarkan dari bunga ini sangat busuk dan menyengat.

Lokasi: Surau, Kec. Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah.

8. Bukit Kandis

Bukit Kandis
Image Credit: Beritamerdekaonline.com

Berikutnya ada sebuah bukit kecil dengan panorama yang indah dan memukau. Bukit Kandis ini sedang hits dan viral karena view-nya tetap indah meski pada musim kemarau sekalipun. Aliran sungai yang ada di sungai ini sangat jernih, meski musim kemarau tiba tetap mengalir meski hanya sedikit. Tidak heran jika banyak pengunjung yang tertarik untuk mengambil foto dengan latar bukit indah yang satu ini.

Lokasi: Jl. Bengkulu – Kepahiang, Durian Demang, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah.

9. Air Terjun Datar Lebar

Air Terjun Datar Lebar
Image Credit: Mediabengkulu.co

Sebuah air terjun dengan tinggi 15 meter ini mampu menyedot harapan pengunjung untuk mendapatkan view menarik. Tak ayal keinginna mereka terpenuhi karena pemandangan yang ada di air terjun ini sangat indah dan menarik.

Anda tidak hanya menghabiskan waktu dengan rute yang sulit namun juga bisa terhipnotis dengan keindahannya. Udara di sekitar air terjun sangat sejuk dan dingin. Terutama jika bersentuhan dengan airnya yang bening dan jernih itu, langsung terasa dingin dan segar.

Lokasi: Datar Lebar, Kec. Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah.

10. Hutan Raya Rajo Lelo

Hutan Raya Rajo Lelo
Image Credit: Sunflowords.com

Banyak fasilitas menarik yang ada di area hutan ini seperti arena bermain, gardu pandang, penginapan, air bersih dan kantor pengelola. Dengan ragam fasilitas tersebut sudah pasti Anda akan merasa aman dan nyaman berada di tempat yang luasnya mencapai puluhan hektar ini. Dengan begitu Anda masih dapat menikmati kegiatan camping ground, outbond, jelajah hutan atau rekerasi biasa. Cocok untuk kegiatan liburan keluarga karena tempatnya bisa untuk segala usia.

Lokasi: Bentiring Permai, Kec. Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu.

11. Air Terjun Peh

Air Terjun Peh
Image Credit: Wisataid.com

View yang ada di air terjun ini tidak kalah menarik dari air terjun yang ada di daerah Bengkulu. Meski debit airnya tidak begitu besar namun air yang mengalir tetap asik dan menarik terutama jika sambil menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Kondisi air yang ada di air terjun ini sangat sejuk dan segar.

Tidak hanya itu, airnya yang bening membuat Anda bisa melihat aktivitas ikan yang ada di sekitar kolam sungai. Sangat indah dan mengejutkan. Meski hanya berupa ikan kecil dan tidak begitu mengenyangkan jika dimasak namun tetap seru dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Tanjung Heran, Kec. Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah.

12. Benteng Belanda

Benteng Belanda
Image Credit: Wikipedia.org

Salah satu situs sejarah yang kini menjadi destinasi wisata ini tetap terjaga dengan baik. Banyak pasangan muda yang duduk santai di pinggir benteng sambil menikmati sinar orange yang berasal dari senja. Sebagian juga mengabadikan moment tersebut dengan berfoto atau membuat video.

Lokasi: Desa Talang Empat, Kec. Karang Tinggi, Kab, Bengkulu Tenga.

13. Bendungan PLTA Musi

Bendungan PLTA Musi
Image Credit: Kompas.com

Salah satu bendungan yang ada di Sungai Musi ini menjadi destinasi wisata murah yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Meski hanya berupa bendungan namun banyak orang yang memanfaatkan tempat ini untuk duduk santai. Sebagian lagi memilih untuk berfoto atau jajan di pinggir jalan. Tentu saja jajanan tersebut hanya makanan ringan keliling yang singgah sejenak di pinggir bendungan.

Lokasi: Ujan MAS Atas, Kec. Ujan MAS, Kab. Kepahiang.

14. Bunker Coa Sako

Image Credit: Pojokseni.com

Sebuah bangunan peninggalan Jepang ini kini menjadi salah satu cagar budaya yang tetap dijaga kelestariannya. Bungker Coa Sako terdiri atas tiga bangunan yang tiap bangunan tidak saling terhubung. Konon, bungker ini dibangun untuk bersembunyi dari musuh. Entah dulunya digunakan untuk hal lain atau tidak yang jelas sejarah mencatatnya sebagai salah satu bentuk pertahanan terhadap penjajah.

Meski nampak sepi namun pada hari tertentu wisata ini banyak pengunjung terutama dari sekolah tertentu yang ingin meneliti bungker ini sebagai salah satu objek pembelajaran. Sebagain lagi berasal dari universitas ternama yang berasal dari jurusan sejarah. Tentu banyak sekali yang bisa dipelajari dari bungker ini.

Lokasi: Desa Tanjung Heran, Kec. Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah.

15. Makam Putri Darah Putih

Makam Putri Darah Putih
Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Sebuah tempat keramat ini juga dijadikan destinasi wisata karena memiliki cerita sejarah yang sangat kuat. Konon, makam ini berasal dari kaum bangsawan yang melarikan diri dari penjajah. Mereka ini adalah keturuan Kerajaan Banten yang ada di Pulau Jawa pada tahun 1630-1635 kemudian menetap dan hidup di tempat ini hingga meninggal.

Penduduk lokal mempercayai bahwa makam tersebut memiliki kekuatan magis yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Kini demi perawatan maka makam tersebut di bungkus kelambu agar lebih aman dari tangan yang kotor. Selain itu, Anda juga dapat menikmati panorama yang ada di sekitar makam karena masih hijau dan subur. Letaknya yang ada di tengah desa atau hutan membuat view yang dihadirkan juga menjadi lebih menarik.

Lokasi: Desa Kembang Seri, Kec. Talang Empat, Kab. Bengkulu Tengah.

Itulah 15 tempat wisata di Bengkulu Tengah yang bisa dikatakan paling indah. Selain memiliki penorama yang indah, tentu saja beragam tempat tersebut memiliki cerita dan legenda tersendiri yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Beragam cerita tersebut menambah daftar budaya dan tradisi yang ada di Indonesia. Hal ini tentu tidak berhenti begitu saja di sini. Masih banyak tempat lain di wilayah Bengkulu Tengah ini yang bisa Anda kunjungi. Semoga daftar ini dapat menambah keinginan untuk liburan di Bengkulu. Selamat berlibur, semoga menyenangkan

PENUTUP

Setelah membahas berbagai tempat wisata di Bengkulu Tengah, dapat disimpulkan bahwa kota ini memiliki beragam pilihan destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang berbeda. Dari pantai indah hingga gunung bersejarah, dari taman hiburan hingga museum, Bengkulu Tengah memiliki banyak hal untuk ditemukan dan dinikmati.

Bagi pecinta alam, Pantai Mirota dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan tujuan yang wajib dikunjungi. Sementara bagi yang ingin belajar lebih dalam tentang sejarah dan budaya Bengkulu, Museum Ade Irma Suryani Nasution dan Rumah Gadang Tari Rakyat merupakan pilihan yang tepat.

Tidak kalah penting, Bengkulu Tengah juga memiliki berbagai tempat rekreasi dan hiburan, seperti Taman Kota dan Waterboom Cidaon. Tempat-tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

Dengan banyaknya pilihan destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang berbeda, Bengkulu Tengah memang merupakan kota yang layak dikunjungi. Baik untuk berlibur atau hanya sekedar melepas penat, kota ini memiliki sesuatu yang dapat dinikmati oleh setiap orang.


Comments